LATIHAN SOAL USAHA FISIKA SMP KELAS 8

LATIHAN SOAL USAHA FISIKA SMP KELAS 8 

1.  Sebuah balok diatas lantai diberi gaya 10 N hingga bergerak sejauh 2 m. berapakah usaha yang dilakukan oleh gaya tersebut ?
2.  Lemari berpindah sejauh 0,5 m diakibatkan oleh gaya sebesar 100 N. Berapakah usaha yang terjadi pada lemari ?
3.  Usaha yang diberikan pada sebuah batu sebesar 15 J, gaya yang diberikan 5 N. tentukan perpindahan yang dialami batu tersebut ?

4.  Sebuah benda berpindah sejauh 10 m, diakibatkan usaha yang diberikan 12 J. berapakah gaya yang diberikan ?
5. Dua buah gaya yang berlawanan arah masing-masing 10  N dan 30 N bekerja pada sebuah balok sehingga balok berpindah sejauh 5 m. Berapakah usaha pada balok tersebut ?
6. Usaha pada balok sebesar 100 J. sehingga balok berpindah 10 m. berapakah gaya yang bekerja pada balok tersebut ?
7. Perhatikan gambar dibawah! 
gambar balok usaha fisika kelas 8 smp

   Sebuah balok dengan massa M berada pada bidang datar, balok tersebut ditarik oleh gaya sebesar 30 N ke kanan. Jika balok berpindah sejauh 50 cm maka hitunglah usaha yang dilakukan oleh gaya tersebut!
8. Sebuah benda ditarik dua buah gaya yang searah masing-masing 10 N dan 60 N. Jika benda berpindah 5 m, maka besar usaha yang dilakukan adalah ….
9. Sebuah meja digeser seorang siswa dengan gaya sebesar 175 N. Antara kakikaki meja dengan permukaan lantai terjadi gaya gesekan sebesar 5 N. Jika meja bergeser sejauh 10 m, tentukan usaha dilakukan siswa pada meja.
10. Dua buah gaya F1 dan F2 masing-masing besarnya 40 N dan 20 N. Jika benda berpindah 5 m, maka tentukan besarnya usaha, apabila dua gaya.
  1. searah,
  2. berlawanan arah.