LATIHAN SOAL Bangun Ruang Sisi Lengkung kelas IX SMP

Untuk soal 1 - 2 perhatikan gambar-gambar di bawah ini

1. Tentukan luas permukaan tiap-tiap bangun.
2. Tentukan volume tiap-tiap bangun.  


Untuk soal 3 - 6 perhatikan tabel di bawah ini.


3. Tentukan rumus luas permukaan bangun-bangun pada tabel di atas.
4. Dari jawaban soal nomor 3 bandingkan dengan rumus bangun-bangun pada
sebelah kiri.
a. Apakah luas permukaan bangun sebelah kanan
selalu sama dengan setengah
kali
luas permukaan bangun sebelah kiri?
b. Kesimpulan apa yang dapat kamu peroleh dari jabawan 4a?
5. Tentukan rumus volume bangun-bangun pada tabel di atas.
6. Kemudian bandingkan jawabanmu dengan rumus bangun-bangun pada sebelah kiri.
a. Apakah volume bangun sebelah kanan
selalu sama dengan setengah kalivolume bangun sebelah kiri?
b. Kesimpulan apa yang dapat kamu peroleh dari jabawan 6a?
Untuk soal nomor 7 perhatikan bangun-bangun di bawah ini.

7. Tentukan luas permukaan dan volume tiap-tiap bangun.
Untuk Soal nomor 8-11 perhatikan kalimat di bawah ini.
Bernalar
. Suatu perusahaan coklat memproduksi tiga macam coklat yang
berbentuk tabung, kerucut dan bola. Misalkan jari-jarinya adalah
r dan tinggi t.
Perusahaan tersebut menginginkan kertas pembungkus coklat tersebut memiliki
luas yang sama satu dengan yang lainnya. Misalkan
T = Luas kertas pembungkus coklat bentuk tabung.K = Luas kertas pembungkus coklat bentuk kerucut.B = Luas kertas pembungkus coklat bentuk bola.
8. Apakah mungkin
T = K? Jika ya, tentukan perbandingan r : t.
9. Apakah mungkin
T = B? Jika ya, tentukan perbandingan r : t.
10. Apakah mungkin
K = B? Jika ya, tentukan perbandingan r : t.
11. Apakah mungkin
T = K = B? Kemukakan alasanmu.
12. Gambar di samping merupakan cokelatberbentuk kerucut yang dibagi menjadi empatbagian, A, B, C dan D. Tinggi tiap-tiap bagian
adalah
x.
a. Tentukan perbandingan luas permukaan
dengan luas permukaan B.
b. Tentukan perbandingan luas permukaan
dengan luas permukaan C.
c. Tentukan perbandingan luas permukaan
dengan luas permukaan D.
(
Catatan: Gunakan prinsip kesebangunan.)
13. Perhatikan kembali gambar pada Soal nomor 12.
a. Tentukan perbandingan volume
A dengan volume B.
b. Tentukan perbandingan volume
B dengan volume C.
c. Tentukan perbandingan volume
C dengan volume D.
Kesebangunan bangun ruang. Dua bangun ruang dikatakan sebangun jika
perbandingan panjang setiap parameternya adalah sama. Sebagai contoh, dua balok
di bawah adalah sebangun jika memenuhi
 
Dua kerucut dikatakan sebangun jika perbandingan jari-jari sama dengan
perbandingan tinggi. Begitu juga dengan dua tabung.

Karena bola hanya mempunyai satu parameter, yakni jari-jari, setiap dua bola
adalah sebangun
.
14. Untuk tiap pasangan bangun ruang yang sebangun, hitung volumeyang belum
diketahui.

c. Dari jawaban 14a dan 14b, kesimpulan apa yang dapat diperoleh?

15. Untuk tiap pasangan bangun ruang yang sebangun, hitung panjang yang
ditanyakan

c. Dari jawaban 15a dan 15b, kesimpulan apa yang dapat diperoleh?

16. Bola di dalam kerucut.
Gambar di samping merupakan suatu
Akerucut dengan AB = AC = BC = d. Dalam kerucut tersebut terdapat suatu bola yang
menyinggung selimut dan alas kerucut. Tentukan volume bola tersebut.
Petunjuk: tentukan jari-jari bola terlebih dahulu.
  
17. Kerucut di dalam bola.
Gambar di samping merupakan suatu kerucut 
dengan AB = AC = BC = d. Kerucut tersebut di
dalam bola. Titik puncak dan alas kerucut tersebut menyentuh bola. Tentukan volume bola tersebut.
Petunjuk: tentukan jari-jari bola terlebih dahulu.
18. Budi mengecat tong sebanyak 14 buah. Tong tersebut berbentuk tabung terbuka
dengan jari-jari 50 cm dan tinggi 1 m. Satu kaleng cat yang digunakan hanya
cukup mengecat seluas 1 m
2. Tentukan berapa banyak kaleng cat yang dibutuhkan
untuk mengecat semua tong. Gunakan
π =22/7.
19. Gambar di bawah ini merupakan 3 macam desain kolam renang. Skala yang
digunakan adalah 1 : 200

 
a. Perkirakan/taksir luas bangun pada tiap-tiap desain. Nyatakan jawabanmu
dalam satuan cm
2.
b. Jika ketinggian kolam renang adalah 2 m, maka tentukan volume tiap-tiap
desain kolam renang. Nyatakan jawabanmu dalan satuan m
3.
20.
Globe. Globe merupakan tiruan bumi yang berbentuk bola. Terdapat suatu globe
dengan diameter 30 cm. Jika skala pada globe tersebut adalah 1 : 20.000.000,
tentukan luas permukaan bumi.
Gunakan
π = 3,14 dan nyatakan jawabanmu dalam satuan km2.