Latihan Soal Kerucut Kelas IX kurikulum 2013 Revisi 2018

1.  Tentukan luas permukaan dan volume dari bangun kerucut berikut.
2.  Tentukan panjang dari unsur kerucut yang ditanyakan.
3.  Tumpeng. Pada suatu hari Pak Budi melakukan
syukuran rumah baru. Pak Budi memesan suatu 
tumpeng. Tumpeng tersebut memiliki diameter 
36 cm dan tinggi 24 cm. Namun, diawal acara Pak 
Budi memotong bagian atas tumpeng tersebut secara 
mendatar setinggi 8 cm. 
Berapakah luas permukaan dan volume dari tumpeng 
yang tersisa?
4.  Suatu kerucut memiliki jari-jari 6 cm dan tinggi tcm. Jika luas permukaan kerucut 
adalah A cm2 dan volume kerucut adalah A cm3
maka tentukan:
a.  Nilai dari t.
b.  Nilai dari A.

5.  Terdapat suatu bangun ruang yang diperoleh dari dua kerucut yang sepusat. 
Kerucut yang lebih besar memiliki jari-jari 10 cm dan tinggi 24 cm. Jari-jari 
kerucut kecil adalah ½ jari-jari kerucut besar. Tinggi kerucut kecil adalah ½ 
tinggi kerucut besar (lihat gambar di bawah)
Tentukan:  
a. luas permukaan,
b.  volume.

6.  Irisan Kerucut. Misalkan terdapat suatu kerucut dengan
dengan jari-jari rcm dan panjang tcm. Kemudian kerucut 
tersebut dijadikan irisan kerucut dengan memotong kerucut 
tersebut menjadi dua bagian dari atas ke bawah (lihat gambar 
di samping). Tentukan rumus untuk menghitung luas irisan 
kerucut tersebut.

7.  Analisis Kesalahan. Budi menghitung volume kerucut dengan diameter 10 cm 
dan tinggi 12 cm. Budi menghitung
V=1/3 (12)^2 (10) = 480
Sehingga diperoleh volume kerucut adalah 480 cm3
. Tentukan kesalahan yang dilakukan Budi.

8.  Dari kertas karton ukuran 1 m ×1 m Lisa akan membuat jaring-jaring kerucut 
dengan jari-jari r cm dan tinggi t cm.
a.  Apakah Lisa bisa membuat jaring-jaring tersebut jika r= 40 cm dan t= 30 cm? 
Kemukakan alasanmu.
b.  Apakah Lisa bisa membuat jaring-jaring tersebut jika r= 30 cm dan t= 40 cm? 
Kemukakan alasanmu.

9.  Kerucut miring. Pada gambar di bawah terdapat dua buah bangun sisi lengkung. 
Gambar sebelah kiri merupakan kerucut dengan jari-jari rdan tinggi t. Gambar 
sebelah kanan merupakan bangun ruang sisi lengkung yang diperoleh dari 
kerucut sebelah kiri dengan menggeser alasnya ke sebelah kanan, selanjutnya 
disebut dengan kerucut miring. Kerucut miring tersebut memiliki jari-jari rdan 
tinggi t.

a.  Tentukan suatu metode untuk mendapatkan rumus dari volume kerucut 
miring tersebut. 
b.  Apakah volume rumus kerucut miring sama dengan volume kerucut? Jelaskan 
analisismu.

10. Perhatikan kerucut di samping. Jika segitiga ABC
merupakan segitiga sama sisi dengan panjang sisi d cm, 
tentukan luas permukaan dan volume kerucut.