Latihan Soal Kekongruenan dan Kesebangunan Matematika kelas IX SMP Kurikulum 2013 Revisi 2018 dan pembahasan

1. Perhatikan gambar di bawah ini. Tulislah pasangan bangun yang kongruen. 
2. Perhatikan gambar di bawah.

Jika PQRS kongruen dengan UVRT dan RT = 3/5 RQ, tentukan panjang PQ.  

3. Perhatikan gambar.
Persegi panjang ABCD dibentuk dari 5 persegi panjang
yang kongruen. Jika keliling setiap persegi panjang kecil
adalah 20 cm, maka tentukan keliling dan luas
ABCD  


4. Diketahui trapesium ABCD dan trapesium FEHG pada gambar di bawah ini
adalah kongruen. Jika panjang
AD = 12 cm, DC = 9 cm, dan EF = 18 cm, tentukan
panjang
CB. 
5. Pasangan bangun di bawah ini kongruen, tentukan nilai x dan y pada gambar.  

6.  Perhatikan gambar di bawah ini.
Berapa banyak pasangan segitiga kongruen pada setiap bangun di atas? Tuliskan 
semua pasangan segitiga kongruen tersebut.

7.  Apakah pasangan segitiga berikut ini pasti kongruen? Jika ya, kriteria apakah 
yang menjamin pasangan segitiga berikut ini kongruen?
8.  Tuliskan satu pasangan segitiga kongruen pada setiap bangun berikut dan tunjukkan.
9.  Perhatikan gambar.      

Diketahui ΔPQR ≅ ΔLKM dan m ∠ PQR = 60o. 
Tentukanlah:
a.  besar m∠PRQ d.  panjang KL
b.  besar m∠LKM e.  panjang KM
c.  besar m∠KML
10. Perhatikan gambar di samping. 
Diketahui AC= AE dan m∠BAC= m∠DAE
a.  Tunjukkan bahwa ΔABC ≅ ΔADE.
b.  Jika CD= 2 cm dan AE= 10 cm, 
tentukanlah panjang BCdan AB
11. Perhatikan gambar di samping. 
Diketahui panjang AB= 13 cm dan EF= 5 cm.
a.  Buktikan bahwa ΔAFE ≅ ΔDFE
b.  Buktikan bahwa ΔDCB ≅ ΔDFE
c.  Hitunglah panjang AC
d.  Hitunglah panjang AE
12. Apakah bangun di bawah ini pasti sebangun? Jelaskan.
a.  dua persegi   c.  dua segitiga sama sisi
b.  dua lingkaran   d.  dua belah ketupat

13. Trapesium ABCDsebangun dengan trapesium RSPQ, tentukan nilai xdan ypada 
gambar di bawah.
14. Perhatikan gambar berikut ini.
15. Hitunglah panjang sisi yang ditanyakan pada gambar berikut ini.
16. Diketahui trapesium sama kaki PQRSpada gambar di bawah ini, dengan panjang 
SR= 4 cm, PQ= 12 cm, dan QS= 20 cm. Tentukan panjang SO.

17. Perhatikan gambar.
a.  Tuliskan  pasangan  segitiga  sebangun  pada  gambar 
tersebut.
b.  Dari  tiap-tiap  pasangan  segitiga  sebangun  tersebut, 
tentukan  pasangan  sisi  yang  bersesuaian  dan  buat 
perbandingannya.
c.  Tentukan panjang NK, KL,dan MK

18. ABCDadalah persegi.
Jika DE= CF, maka tentukanlah panjang:
a.  DE d.  OC
b.  OE e.  OF
c.  OD
19. Hitunglah panjang sisi yang diberi label pada gambar di bawah ini. 
(semua dalam satuan sentimeter)
20. Dua  belas  tusuk  gigi  disusun  seperti  pada  gambar  di  samping.
Dengan  memindahkan  hanya  dua  tusuk  gigi  bagaimana  kamu 
membentuk enam persegi atau tujuh persegi?
21. Enam belas tusuk gigi disusun seperti gambar di samping.
Dengan memindahkan hanya dua tusuk gigi bagaimana 
kamu membentuk empat persegi?
22. Pada  gambar  di  samping  ini  menunjukkan  persegi  yang
dibentuk  dengan  20  tusuk  gigi.  Di  tengahnya  terdapat
lubang  kotak  dengan  luas 1/25 luas  seluruhnya.  Dengan 
menggunakan  18  tusuk  gigi,  bagilah  luasan  di  antara 
persegi luar dan persegi di tengah menjadi 6 daerah yang 
sebangun.
23. Perhatikan gambar.
Bangun PINK, NOTE, dan BLUEadalah 
persegi. Panjang KN= 5 cm dan NE= 
9 cm, Titik P– O– Bterletak dalam satu 
garis  lurus.  Tentukan  panjang  sisi  dan 
luas bangun BLUE.
24. Pada  gambar  di  bawah  ini,  tinggi  tongkat PQ sesungguhnya  adalah  4  m  dan 
panjang bayangannya 15 m. Jika panjang bayangan pohon adalah 30 m, tentukan 
tinggi pohon.
25. Sekelompok  peserta  jelajah  alam  mendapat tugas  untuk  menaksir  lebar  suatu  sungai 
tanpa  mengukurnya  secara  langsung.  Mereka  menentukan  titik  acuan  di  seberang  sungai 
yaitu titik A. Satu peserta lain berdiri di titik C. Peserta yang lain berdiri di titik B tepat di depan 
A. Kemudian berjalan menuju ke titik Fdengan jarak Bke Fadalah dua kali jarak Bke C. Dari 
titik Fia berjalan menuju titik D, di mana dengan pandangannya objek di titik A-C-Dterletak pada 
satu  garis  lurus.  Sehingga  lebar  sungai  dapat diketahui dengan mengukur jarak Fke D. Apakah 
cara tersebut tepat utuk menaksir lebar sungai? Jelaskan.



Pembahasan : DISINI