1. Perhatikan gambar di bawah ini. Tulislah pasangan bangun yang kongruen.
2. Perhatikan gambar di bawah.
Jika PQRS kongruen dengan UVRT dan RT = 3/5 RQ, tentukan panjang PQ.
3. Perhatikan gambar.
Persegi panjang ABCD dibentuk dari 5 persegi panjang
yang kongruen. Jika keliling setiap persegi panjang kecil
adalah 20 cm, maka tentukan keliling dan luas ABCD
Persegi panjang ABCD dibentuk dari 5 persegi panjang
yang kongruen. Jika keliling setiap persegi panjang kecil
adalah 20 cm, maka tentukan keliling dan luas ABCD
4. Diketahui trapesium ABCD dan trapesium FEHG pada gambar di bawah ini
adalah kongruen. Jika panjang AD = 12 cm, DC = 9 cm, dan EF = 18 cm, tentukan
panjang CB.
adalah kongruen. Jika panjang AD = 12 cm, DC = 9 cm, dan EF = 18 cm, tentukan
panjang CB.
5. Pasangan bangun di bawah ini kongruen, tentukan nilai x dan y pada gambar.
6. Perhatikan gambar di bawah ini.
Berapa banyak pasangan segitiga kongruen pada setiap bangun di atas? Tuliskan
semua pasangan segitiga kongruen tersebut.
7. Apakah pasangan segitiga berikut ini pasti kongruen? Jika ya, kriteria apakah
yang menjamin pasangan segitiga berikut ini kongruen?
8. Tuliskan satu pasangan segitiga kongruen pada setiap bangun berikut dan tunjukkan.
9. Perhatikan gambar.
Diketahui ΔPQR ≅ ΔLKM dan m ∠ PQR = 60o.
Tentukanlah:
a. besar m∠PRQ d. panjang KL
b. besar m∠LKM e. panjang KM
c. besar m∠KML
10. Perhatikan gambar di samping.
Diketahui AC= AE dan m∠BAC= m∠DAE
a. Tunjukkan bahwa ΔABC ≅ ΔADE.
b. Jika CD= 2 cm dan AE= 10 cm,
tentukanlah panjang BCdan AB
11. Perhatikan gambar di samping.
Diketahui panjang AB= 13 cm dan EF= 5 cm.
a. Buktikan bahwa ΔAFE ≅ ΔDFE
b. Buktikan bahwa ΔDCB ≅ ΔDFE
c. Hitunglah panjang AC
d. Hitunglah panjang AE
12. Apakah bangun di bawah ini pasti sebangun? Jelaskan.
a. dua persegi c. dua segitiga sama sisi
b. dua lingkaran d. dua belah ketupat
13. Trapesium ABCDsebangun dengan trapesium RSPQ, tentukan nilai xdan ypada
gambar di bawah.
14. Perhatikan gambar berikut ini.
15. Hitunglah panjang sisi yang ditanyakan pada gambar berikut ini.
16. Diketahui trapesium sama kaki PQRSpada gambar di bawah ini, dengan panjang
SR= 4 cm, PQ= 12 cm, dan QS= 20 cm. Tentukan panjang SO.
17. Perhatikan gambar.
a. Tuliskan pasangan segitiga sebangun pada gambar
tersebut.
b. Dari tiap-tiap pasangan segitiga sebangun tersebut,
tentukan pasangan sisi yang bersesuaian dan buat
perbandingannya.
c. Tentukan panjang NK, KL,dan MK
18. ABCDadalah persegi.
Jika DE= CF, maka tentukanlah panjang:
a. DE d. OC
b. OE e. OF
c. OD
19. Hitunglah panjang sisi yang diberi label pada gambar di bawah ini.
(semua dalam satuan sentimeter)
20. Dua belas tusuk gigi disusun seperti pada gambar di samping.
Dengan memindahkan hanya dua tusuk gigi bagaimana kamu
membentuk enam persegi atau tujuh persegi?
21. Enam belas tusuk gigi disusun seperti gambar di samping.
Dengan memindahkan hanya dua tusuk gigi bagaimana
kamu membentuk empat persegi?
22. Pada gambar di samping ini menunjukkan persegi yang
dibentuk dengan 20 tusuk gigi. Di tengahnya terdapat
lubang kotak dengan luas 1/25 luas seluruhnya. Dengan
menggunakan 18 tusuk gigi, bagilah luasan di antara
persegi luar dan persegi di tengah menjadi 6 daerah yang
sebangun.
23. Perhatikan gambar.
Bangun PINK, NOTE, dan BLUEadalah
persegi. Panjang KN= 5 cm dan NE=
9 cm, Titik P– O– Bterletak dalam satu
garis lurus. Tentukan panjang sisi dan
luas bangun BLUE.
24. Pada gambar di bawah ini, tinggi tongkat PQ sesungguhnya adalah 4 m dan
panjang bayangannya 15 m. Jika panjang bayangan pohon adalah 30 m, tentukan
tinggi pohon.
25. Sekelompok peserta jelajah alam mendapat tugas untuk menaksir lebar suatu sungai
tanpa mengukurnya secara langsung. Mereka menentukan titik acuan di seberang sungai
yaitu titik A. Satu peserta lain berdiri di titik C. Peserta yang lain berdiri di titik B tepat di depan
A. Kemudian berjalan menuju ke titik Fdengan jarak Bke Fadalah dua kali jarak Bke C. Dari
titik Fia berjalan menuju titik D, di mana dengan pandangannya objek di titik A-C-Dterletak pada
satu garis lurus. Sehingga lebar sungai dapat diketahui dengan mengukur jarak Fke D. Apakah
cara tersebut tepat utuk menaksir lebar sungai? Jelaskan.