Soal UAS semester 1
matematika kelas VIII smp Kurikulum 2013, moga bermanfaat.
1. Gambarlah titik A(−2, 6), B(2, 4), C(−2, −5), dan D(−6, 4), pada koordinat Cartesius
a. Tentukan jarak setiap titik dengan
sumbu-x
b. Tentukan jarak setiap titik dengan
sumbu-y
c. Tentukan jarak antara titik A dengan titik B dan titik C dengan titik D
d. Bagaimana kedudukan garis AC dengan BD?
e. Bangun apakah yang terbentuk apabila
keempat titik dihubungkan?
2. Diketahui koordinat titik-titik A(2, 3), B(6, 3), C(6, 5), dan D(2, 5)
a. Jika keempat titik tersebut dihubungkan, bangun apakah
yang terbentuk?
b. Jika koordinat titik E(8, 3), F(12, 3), dan G(12, 5), tentukan
koordinat titik H
agar EFGH berbentuk apa?
3. Diketahui 4 titik yaitu K, L, M, dan N. Jika koordinat titik K(2, 0), L(4, −4), M(6,
0) dan keempat titik tersebut bila dihubungkan akan
membentuk bangun belah
ketupat, tentukan koordinat titik N
4. Perhatikan gambar di samping:
Diketahui persegi a1 dengan titik koordinat
bagian ujungnya adalah A(3, 2).
Persegi a2 dengan titik koordinat bagian
ujungnya adalah B(7, 4). Persegi a3 dengan titik koordinat
bagian ujungnya adalah C(13, 7). Persegi a4 dengan titik
koordinat bagian ujungnya adalah D(21, 12)
Persegi a20 dengan titik koordinat bagian
ujungnya adalah T(... , ...) Tentukan koordinat titik T pada
persegi a20.
5. Gambarlah titik yang melalui titik A (4, −3) dan
melalui titik B(4, 3), apakah garis tersebut sejajar atau tegak lurus
terhadap sumbu x? Jelaskan.
6. Gambarlah 4 titik yang memiliki jarak yang sama terhadap
garis yang melalu titik A(5, −3) dan B(−3, 5) dan tentukan
koordinat dari keempat titik tersebut.
7. Tulislah prosedur untuk menggambar empat titik yang
berjarak sama dengan
titik-titik yang memiliki jarak yang sama terhadap titik P(1,
−7) dan Q(6, −2).
8. Jika diketahui titik P(4, −5) dan titik Q(3,
2), R(4, 7), S(−5, 4), dan T(−3, −6),
tentukan koordinat titik Q, R, S, dan T terhadap
titik P.
9. Diketahui ttitik A(5, 6), B(3, −3) dan C(−4,
6).
a. Jika dibuat garis yang melalui titik A dan B,
bagaimanakah kedudukan garis
tersebut terhadap sumbu-x dan sumbu-y
b. Jika dibuat garis yang melalui titik A dan C,
bagaimanakah kedudukan garis
tersebut terhadap sumbu-x dan sumbu-y
c. Jika dibuat garis yang melalui titik B dan C,
bagaimanakah kedudukan garis
tersebut terhadap sumbu-x dan sumbu-y
10. Tentukan keliling dan luas gambar berikut
11. Tentukan hasil bagi bentuk aljabar
12. Sederhanakan bentuk berikut.
13.Buatlah suatu soal cerita yang bermakna bentuk aljabar 5x
- 4.
14. Vio dan Bela masing-maisng memilliki sehelai kertas
karton. Karton Vio berbentuk persegi dengan panjang sisinya (x + 2) cm
dan karton Bela berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang (x + 8)
cm sedangkan lebarnya (x – 2) cm. Bila luas karton mereka sama, maka
hitunglah jumlah luas karton mereka.
15 Keluarga Ameliya dan Firman adalah saudara kandung.
Ketika Ameliya ditanya oleh gurunya “Berapa banyak saudaramu?” Ameliya
menjawab, “Banyak saudara perempuan saya sama dengan banyak saudara laki-laki
saya. ”Ketika Firman ditanya gurunya, “Berapa banyak saudaramu?” Firman
menjawab “Banyak saudara laki-laki saya setengah dari saudara perempuan saya. ”Tentukan
berapa bersaudarakah Ameliya dan Firman.
16. Perhatikan gambar timbangan berikut ini!
Timbangan A dan B berisi bola, tabung, dan
balok dalam keadaan seimbang.
Tentukan banyaknya bola atau tabung atau balok pada
timbangan C supaya seimbang.
17. Pemberian cairan melalui infus merupakan tindakan
memasukkan cairan melalui
pembuluh darah yang dilakukan pada pasien dengan bantuan
perangkat infus. Tindakan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan cairan dan
elektrolit serta sebagai tindakan pengobatan dan pemberian makanan.
Dengan mengetahui cara menghitung tetesan infus dapat
membantu perawat
dalam menentukan berapa banyak jumlah tetesan cairan infus
dalam tiap menit
dan mengetahui berapa jumlah zat gizi yang dikandungnya.
Perawat harus menghitung kecepatan tetesan cairan infus (D)
yaitu banyak tetesan per menit.
Perawat menggunakan rumus
d menunjukkan banyak tetesan per
mililiter
v menunjukkan volume cairan infus
dalam mililiter
n menunjukkan waktu yang dibutuhkan
untuk menginfus dalam jam
a. Seorang perawat ingin melipat gandakan lama waktu
menginfus.
Bagaimana perubahan D jika dilipat gandakan namun d dan
v tetap? Jelaskan!
b. Perawat juga harus menghitung volume infus yang
dibutuhkan, v, berdasarkan kecepatan tetesan infus, D. Sebuah infus
dengan kecepatan tetesan 50 tetes per menit telah dialirkan ke pasien selama 3
jam. Infus ini memiliki 25 tetesan per mililiter. Berapakah volume cairan
infus, dalam mililiter?
18. Mainan Tradisional (Mobil- mobilan)
Mobil-mobilan dari kulit jeruk Bali merupakan salah satu
mainan tradisional anak-anak Indonesia. Pak Riko ingin membuat beberapa mobil
mainan untuk anak-anak di sekitar rumahnya. Adapun bahan-bahan yang diperlukan
untuk membuat mobil-mobilan tersebut sebagai berikut.
19. Tentukan persamaan garis yang melalui titik P (3,
2) dan sejajar garis 3y =5.
20. Tentukan persamaan garis yang melalui titik O (0,
0) dan tegak lurus garis 2x + y - 4 = 0.
21. Perhatikan gambar di bawah ini. Daerah yang diarsir
memiliki luas 12 satuan
dan garis yang membatasinya bergradien. Tentukan nilai s,
t dan persamaan
garis yang melalui kedua titik.
22. Torik dan Mamad sedang berdiskusi tentang suatu grafik
di bawah ini.
Torik menganggap bahwa grafik di atas adalah grafik suatu
fungsi. Namun, Mamad tidak setuju dengan pendapat Torik. Mamad berpendapat
bahwa grafik tersebut bukan grafik fungsi. Menurut kalian, siapakah yang benar?
Jelaskan alasan kalian.
23. Tentukan persamaan garis lurus untuks etiapkeadaan
berikut.
a. Melalu ititik (−3, −2) dan sejajar sumbu-x.
b. Melalui titik (−3, −2) dan sejajar sumbu-y.
c. Melalui titik (−3, −2) dan memiliki gradien yang tak
terdefinisi.
d. Melalui titik (−3, −2) dan bergradien 0.
24. Pilihan ganda. Manakah diantara grafik berikut
yang melalui titik (1, 1) dan
sejajar dengan garis 2x + 3y = 6?
25. Dikatahui selesaian dari suatu persamaan linear dua
variabel adalah {(0, 4);
(3, 2); (6, 0)}. Temukan bentuk persamaan linearnya! Ada
berapa banyak yang
kalian temukan?
26. Garis m mempunyai persamaan y = −3x + 2.
Garis tersebut memotong sumbu-y
pada koordinat titik ...
27. Gradien garis yang melalui titik (5, −3) dan (3 , −8)
adalah ...
28. Grafik persamaan garis 3x – 2y = 12 dan 5x
+ y = 7 saling berpotongan di titik
(p , q). Nilai 4p + 3q = ...
29. Persamaan garis yang melalui koordinat titik P(4,
−2) dan tegak lurus dengan
persamaan garis 3y = 7 – 6x adalah ...
30. Persamaan garis yang melalui koordinat titik (2, 3) dan
sejajar dengan garis yang
persamaannya 3x + 5y = 15 adalah ...
31. Tentukan nilai x pada gambar di samping.
32. Tentukan nilai x pada gambar di samping.
33. Berapa kira-kira panjang tali layang-layang untuk
menarik perahu dengan sudut
45° dan tingginya 150 m, seperti yang ditunjukan gambar?
a. 173 m
b. 212 m
c. 285 m
d. 300 m
34. Tentukan nilai x pada gambar di samping.
35. Keliling Segitiga
Berdasarkan gambar, segitiga ABC adalah segitiga
siku-siku, dengan sudut siku-siku di B. Panjang BD = 6m dan
panjang AB = 8m. Jika luas segitiga ADC 50% lebih besar dari luas
segitiga ABD, tentukan keliling segitiga ADC
36. Tentukan panjang sisi miring segitiga siku-siku yang ke
10.
37. Berikut diberikan pasangan sisi-sisi suatu segitiga.
Manakah yang termasuk
segiti lancip, segitiga siku-siku, atau segitiga tumpul.
Jelaskan!
a. 500, 400, 300
b. 5.555, 6.666, 7.777
c. 12.000, 13.000, 20.000.
38. Selama satu tahun keuntungan toko “Rahmad” mencatat
keuntungan setiap
bulan sebagai berikut(dalam jutaan rupiah)
a. Buatlah diagram batang vertikal dari data tersebut.
b. Berapakah keuntungan terbesar yang diperoleh Toko
"Rahmad" selama 1 tahun?
c. Kapan Toko "Rahmad" memperoleh keuntungan yang
sama selama dua bulan
berturut-turut?
39. Berikut ini adalah tabel berat badan seorang bayi yang
dipantau sejak lahir
sampai berusia 9 bulan
b. Pada usia berapa bulan berat badannya menurun?
c. Pada usia berapa bulan berat badannya tetap?
40. Tabel berikut menunjukkan banyaknya siswa di suatu
kabupaten menurut tingkat
sekolah pada tahun 2013.
b. Berapa persen siswa yang menyelesaikan sekolah sampai
pada tingkat SMP?
c. Berapa persen siswa yang menyelesaikan sekolah sampai
pada tingkat SMA?
41. Bu Nunik menyuruh Delia, anaknya, mengambil sebuah
permen dari tas belanja.
Karena letak tas terlalu tinggi untuk Delia, dia bisa
mengambil permen dengan berjinjit namun tidak bisa melihat permen di dalamnya.
Banyak permen masing-masing warna yang
ada di dalam tas ditunjukkan pada grafik berikut.
Berapa persen kemungkinan Delia mengambil permen berwarna
merah?
a. 10%
b. 20%
c. 25%
d. 50%
42. Perhatikan grafik dan diagram lingkaran di bawah.
a. Berapakah jumlah total ekspor sampai pada tahun 2011?
b. Berapakah jumlah cengkeh yang diekspor Indonesia pada
tahun 2012?
1) 1,8 Milyar
2) 2,3 Milyar
3) 2,4 Milyar
4) 3,4 Milyar.
5) 3,8 Milyar
43. Selama satu tahun keuntungan toko “Rahmad” mencatat
keuntungan setiap
bulan sebagai berikut(dalam jutaan rupiah)
a. Buatlah diagram batang vertikal dari data tersebut.
b. Berapakah keuntungan terbesar yang diperoleh Toko
"Rahmad" selama 1
tahun?
c. Kapan Toko "Rahmad" memperoleh keuntungan yang
sama selama dua
bulan berturut-turut?
44. Berikut ini adalah tabel berat badan seorang bayi yang
dipantau sejak lahir
sampai berusia 9 bulan
a. Buatlah diagram garisnya.
b. Pada usia berapa bulan berat badannya menurun?
c. Pada usia berapa bulan berat badannya tetap?
45. Tabel berikut menunjukkan banyaknya siswa di suatu
kabupaten menurut tingkat
sekolah pada tahun 2013.
a. Buatlah diagram lingkaran untuk data tersebut.
b. Berapa persen siswa yang menyelesaikan sekolah sampai
pada tingkat SMP?
c. Berapa persen siswa yang menyelesaikan sekolah sampai
pada tingkat SMA?
sumber BSE