Soal UAS semester 1 matematika kelas VIII SMP Kurikulum 2013

Soal UAS semester 1 matematika kelas VIII smp Kurikulum 2013, moga bermanfaat.

1. Gambarlah titik A(−2, 6), B(2, 4), C(−2, −5), dan D(−6, 4), pada koordinat Cartesius
a. Tentukan jarak setiap titik dengan sumbu-x
b. Tentukan jarak setiap titik dengan sumbu-y
c. Tentukan jarak antara titik A dengan titik B dan titik C dengan titik D
d. Bagaimana kedudukan garis AC dengan BD?
e. Bangun apakah yang terbentuk apabila keempat titik dihubungkan?

2. Diketahui koordinat titik-titik A(2, 3), B(6, 3), C(6, 5), dan D(2, 5)
a. Jika keempat titik tersebut dihubungkan, bangun apakah yang terbentuk?
b. Jika koordinat titik E(8, 3), F(12, 3), dan G(12, 5), tentukan koordinat titik H
agar EFGH berbentuk apa?
3. Diketahui 4 titik yaitu K, L, M, dan N. Jika koordinat titik K(2, 0), L(4, −4), M(6,
0) dan keempat titik tersebut bila dihubungkan akan membentuk bangun belah
ketupat, tentukan koordinat titik N

4. Perhatikan gambar di samping:

Diketahui persegi a1 dengan titik koordinat bagian ujungnya adalah A(3, 2).
Persegi a2 dengan titik koordinat bagian ujungnya adalah B(7, 4). Persegi a3 dengan titik koordinat bagian ujungnya adalah C(13, 7). Persegi a4 dengan titik
koordinat bagian ujungnya adalah D(21, 12)
Persegi a20 dengan titik koordinat bagian ujungnya adalah T(... , ...) Tentukan koordinat titik T pada persegi a20.

5. Gambarlah titik yang melalui titik A (4, −3) dan melalui titik B(4, 3), apakah garis tersebut sejajar atau tegak lurus terhadap sumbu x? Jelaskan.

6. Gambarlah 4 titik yang memiliki jarak yang sama terhadap garis yang melalu titik A(5, −3) dan B(−3, 5) dan tentukan koordinat dari keempat titik tersebut.

7. Tulislah prosedur untuk menggambar empat titik yang berjarak sama dengan
titik-titik yang memiliki jarak yang sama terhadap titik P(1, −7) dan Q(6, −2).

8. Jika diketahui titik P(4, −5) dan titik Q(3, 2), R(4, 7), S(−5, 4), dan T(−3, −6),
tentukan koordinat titik Q, R, S, dan T terhadap titik P.

9. Diketahui ttitik A(5, 6), B(3, −3) dan C(−4, 6).
a. Jika dibuat garis yang melalui titik A dan B, bagaimanakah kedudukan garis
tersebut terhadap sumbu-x dan sumbu-y
b. Jika dibuat garis yang melalui titik A dan C, bagaimanakah kedudukan garis
tersebut terhadap sumbu-x dan sumbu-y
c. Jika dibuat garis yang melalui titik B dan C, bagaimanakah kedudukan garis
tersebut terhadap sumbu-x dan sumbu-y

10. Tentukan keliling dan luas gambar berikut

11. Tentukan hasil bagi bentuk aljabar 

12. Sederhanakan bentuk berikut.

13.Buatlah suatu soal cerita yang bermakna bentuk aljabar 5x - 4.

14. Vio dan Bela masing-maisng memilliki sehelai kertas karton. Karton Vio berbentuk persegi dengan panjang sisinya (x + 2) cm dan karton Bela berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang (x + 8) cm sedangkan lebarnya (x – 2) cm. Bila luas karton mereka sama, maka hitunglah jumlah luas karton mereka.

15 Keluarga Ameliya dan Firman adalah saudara kandung. Ketika Ameliya ditanya oleh gurunya “Berapa banyak saudaramu?” Ameliya menjawab, “Banyak saudara perempuan saya sama dengan banyak saudara laki-laki saya. ”Ketika Firman ditanya gurunya, “Berapa banyak saudaramu?” Firman menjawab “Banyak saudara laki-laki saya setengah dari saudara perempuan saya. ”Tentukan berapa bersaudarakah Ameliya dan Firman.

16. Perhatikan gambar timbangan berikut ini!

Timbangan A dan B berisi bola, tabung, dan balok dalam keadaan seimbang.
Tentukan banyaknya bola atau tabung atau balok pada timbangan C supaya seimbang.

17. Pemberian cairan melalui infus merupakan tindakan memasukkan cairan melalui
pembuluh darah yang dilakukan pada pasien dengan bantuan perangkat infus. Tindakan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan cairan dan elektrolit serta sebagai tindakan pengobatan dan pemberian makanan.
Dengan mengetahui cara menghitung tetesan infus dapat membantu perawat
dalam menentukan berapa banyak jumlah tetesan cairan infus dalam tiap menit
dan mengetahui berapa jumlah zat gizi yang dikandungnya.
Perawat harus menghitung kecepatan tetesan cairan infus (D) yaitu banyak tetesan per menit.
Perawat menggunakan rumus


d menunjukkan banyak tetesan per mililiter
v menunjukkan volume cairan infus dalam mililiter
n menunjukkan waktu yang dibutuhkan untuk menginfus dalam jam

a. Seorang perawat ingin melipat gandakan lama waktu menginfus.


Bagaimana perubahan D jika dilipat gandakan namun d dan v tetap? Jelaskan!
b. Perawat juga harus menghitung volume infus yang dibutuhkan, v, berdasarkan kecepatan tetesan infus, D. Sebuah infus dengan kecepatan tetesan 50 tetes per menit telah dialirkan ke pasien selama 3 jam. Infus ini memiliki 25 tetesan per mililiter. Berapakah volume cairan infus, dalam mililiter?

18. Mainan Tradisional (Mobil- mobilan)

Mobil-mobilan dari kulit jeruk Bali merupakan salah satu mainan tradisional anak-anak Indonesia. Pak Riko ingin membuat beberapa mobil mainan untuk anak-anak di sekitar rumahnya. Adapun bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat mobil-mobilan tersebut sebagai berikut.


19. Tentukan persamaan garis yang melalui titik P (3, 2) dan sejajar garis 3y =5.

20. Tentukan persamaan garis yang melalui titik O (0, 0) dan tegak lurus garis 2x + y - 4 = 0.

21. Perhatikan gambar di bawah ini. Daerah yang diarsir memiliki luas 12 satuan
dan garis yang membatasinya bergradien. Tentukan nilai s, t dan persamaan
garis yang melalui kedua titik.

22. Torik dan Mamad sedang berdiskusi tentang suatu grafik di bawah ini.

Torik menganggap bahwa grafik di atas adalah grafik suatu fungsi. Namun, Mamad tidak setuju dengan pendapat Torik. Mamad berpendapat bahwa grafik tersebut bukan grafik fungsi. Menurut kalian, siapakah yang benar? Jelaskan alasan kalian.

23. Tentukan persamaan garis lurus untuks etiapkeadaan berikut.
a. Melalu ititik (−3, −2) dan sejajar sumbu-x.
b. Melalui titik (−3, −2) dan sejajar sumbu-y.
c. Melalui titik (−3, −2) dan memiliki gradien yang tak terdefinisi.
d. Melalui titik (−3, −2) dan bergradien 0.

24. Pilihan ganda. Manakah diantara grafik berikut yang melalui titik (1, 1) dan
sejajar dengan garis 2x + 3y = 6?

25. Dikatahui selesaian dari suatu persamaan linear dua variabel adalah {(0, 4);
(3, 2); (6, 0)}. Temukan bentuk persamaan linearnya! Ada berapa banyak yang
kalian temukan?

26. Garis m mempunyai persamaan y = −3x + 2. Garis tersebut memotong sumbu-y
pada koordinat titik ...

27. Gradien garis yang melalui titik (5, −3) dan (3 , −8) adalah ...

28. Grafik persamaan garis 3x – 2y = 12 dan 5x + y = 7 saling berpotongan di titik
(p , q). Nilai 4p + 3q = ...

29. Persamaan garis yang melalui koordinat titik P(4, −2) dan tegak lurus dengan
persamaan garis 3y = 7 – 6x adalah ...

30. Persamaan garis yang melalui koordinat titik (2, 3) dan sejajar dengan garis yang
persamaannya 3x + 5y = 15 adalah ...

31. Tentukan nilai x pada gambar di samping.

32. Tentukan nilai x pada gambar di samping.

33. Berapa kira-kira panjang tali layang-layang untuk menarik perahu dengan sudut
45° dan tingginya 150 m, seperti yang ditunjukan gambar?
a. 173 m
b. 212 m
c. 285 m
d. 300 m

34. Tentukan nilai x pada gambar di samping.

35. Keliling Segitiga
Berdasarkan gambar, segitiga ABC adalah segitiga siku-siku, dengan sudut siku-siku di B. Panjang BD = 6m dan panjang AB = 8m. Jika luas segitiga ADC 50% lebih besar dari luas segitiga ABD, tentukan keliling segitiga ADC

36. Tentukan panjang sisi miring segitiga siku-siku yang ke 10.

37. Berikut diberikan pasangan sisi-sisi suatu segitiga. Manakah yang termasuk
segiti lancip, segitiga siku-siku, atau segitiga tumpul. Jelaskan!
a. 500, 400, 300
b. 5.555, 6.666, 7.777
c. 12.000, 13.000, 20.000.
38. Selama satu tahun keuntungan toko “Rahmad” mencatat keuntungan setiap
bulan sebagai berikut(dalam jutaan rupiah)

a. Buatlah diagram batang vertikal dari data tersebut.
b. Berapakah keuntungan terbesar yang diperoleh Toko "Rahmad" selama 1 tahun?
c. Kapan Toko "Rahmad" memperoleh keuntungan yang sama selama dua bulan
berturut-turut?

39. Berikut ini adalah tabel berat badan seorang bayi yang dipantau sejak lahir
sampai berusia 9 bulan

b. Pada usia berapa bulan berat badannya menurun?
c. Pada usia berapa bulan berat badannya tetap?

40. Tabel berikut menunjukkan banyaknya siswa di suatu kabupaten menurut tingkat
sekolah pada tahun 2013.

b. Berapa persen siswa yang menyelesaikan sekolah sampai pada tingkat SMP?
c. Berapa persen siswa yang menyelesaikan sekolah sampai pada tingkat SMA?

41. Bu Nunik menyuruh Delia, anaknya, mengambil sebuah permen dari tas belanja.
Karena letak tas terlalu tinggi untuk Delia, dia bisa mengambil permen dengan berjinjit namun tidak bisa melihat permen di dalamnya. Banyak permen  masing-masing warna yang ada di dalam tas ditunjukkan pada grafik berikut.

Berapa persen kemungkinan Delia mengambil permen berwarna merah?
a. 10%
b. 20%
c. 25%
d. 50%
42. Perhatikan grafik dan diagram lingkaran di bawah.

a. Berapakah jumlah total ekspor sampai pada tahun 2011?


b. Berapakah jumlah cengkeh yang diekspor Indonesia pada tahun 2012?
1) 1,8 Milyar
2) 2,3 Milyar
3) 2,4 Milyar
4) 3,4 Milyar.
5) 3,8 Milyar

43. Selama satu tahun keuntungan toko “Rahmad” mencatat keuntungan setiap
bulan sebagai berikut(dalam jutaan rupiah)

a. Buatlah diagram batang vertikal dari data tersebut.
b. Berapakah keuntungan terbesar yang diperoleh Toko "Rahmad" selama 1
tahun?
c. Kapan Toko "Rahmad" memperoleh keuntungan yang sama selama dua
bulan berturut-turut?

44. Berikut ini adalah tabel berat badan seorang bayi yang dipantau sejak lahir
sampai berusia 9 bulan


a. Buatlah diagram garisnya.
b. Pada usia berapa bulan berat badannya menurun?
c. Pada usia berapa bulan berat badannya tetap?

45. Tabel berikut menunjukkan banyaknya siswa di suatu kabupaten menurut tingkat
sekolah pada tahun 2013.
a. Buatlah diagram lingkaran untuk data tersebut.
b. Berapa persen siswa yang menyelesaikan sekolah sampai pada tingkat SMP?
c. Berapa persen siswa yang menyelesaikan sekolah sampai pada tingkat SMA?


sumber BSE