Soal Bab III Perbandingan Matematika kellas VII SMP Kurikulum 2013

Bab III Perbandingan
1. Sederhanakan perbandingan berikut.
a. 5 ¼  : 1 ½
b. 75 cm : 2, 5 m
c. 150 gram : 3 kilogram
d. 250 mililiter : 5 liter
2. Kesehatan. Perhatikan tabel di bawah ini.
Tabel 3.8 Persentase akses air minum layak rumah tangga di Indonesia

Sumber: Profil Data Kesehatan Indonesia Tahun 2011, Kementerian Kesehatan RI 2012
a. Bandingkan persentase akses air minum layak perkotaan terhadap pedesaan dan persentase akses air minum layak pedesaan terhadap perkotaan. Tulislah pernyataan untuk masing-masing tahun.
b. Jelaskan kenaikan atau penurunan akses air minum layak di pekotaan dan dipedesaan antara tahun 2000 dan 2011.
3. Dua minggu yang lalu, Marisa mengukur tinggi dua tanaman yang ditanam di kebun sekolah. Tinggi tanaman A adalah 20 cm dan tinggi tanaman B adalah 32 cm. Sekarang setelah Dani mengukur dicatat bahwa tinggi Tanaman A adalah 28 cm dan tinggi tanaman B adalah 40 cm. Tanaman manakah yang lebih cepat tumbuh? Jelaskan jawaban kalian.
4. PerhatikanTabel 3.9 peserta Bakat-Minat berikut.
Tabel 3.9 Peserta bakat-minat SMP Sukamaju

a. Olah raga manakah siswa laki-laki lebih banyak dibandingkan siswa perempuan?
b. Olah raga manakah siswa perempuan lebih banyak dibandingkan siswa lakilaki?
c. Peserta bakat-minat setiap cabang oleh raga di SMP Sukamaju memiliki perbandingan yang sama dengan peserta bakat minat di SMP Harapan.
Misalkan terdapat 240 siswa perempuan di SMP Harapan, berapa banyak peserta bakat minat setiap cabang olah raga di SMP Harapan?
5. Ratna ingin membeli mi instan. Ratna memiliki dua pilihan tempat untuk  membeli mi instan. Di AndaMart, Ratna dapat membeli tujuh bungkus mi instan seharga Rp13.000,00. Sedangkan di SandiMart, Ratna dapat membeli enam bungkus mi instan seharga Rp11.000,00. Toko manakah yang akan kalian sarankan ke Ratna? Jelaskan.
6. Gambar di samping menunjukkan suvenir Gandrung Banyuwangi. Suvenir dibuat dengan skala 1 : 5. Tinggi model gandrung sesungguhnya adalah 150 cm. Berapakah tinggi suvenir Gandrung?
7. Dokter menggunakan proporsi ketika memeriksa denyut nadi kita. Rata-rata denyut nadi orang yang sehat berdenyut 72 per menit. Beberapa dokter memeriksa denyut nadi selama 15 detik, kemudian memperkirakan kecepatan denyut nadi. Berapa banyak denyutan yang dokter perkirakan selama 15 detik jika denyut nadi kalian sama dengan rata-rata denyut nadi orang sehat?
8. Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah 120 km. Jika kota B dan Kota C pada peta yang sama berjarak 4 cm, berapakah jarak sebenarnya kota B dan kota C?
9. Perbandingan dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah 2, perbandingannya menjadi 7 : 9. Tentukan hasil kali kedua bilangan itu.
10. Tentukan nilai dari p pada perbandingan-perbandingan berikut.

11. Jumlah dua bilangan adalah 20 dan selisih kedua bilangan tersebut adalah 2 ½. Berapakah perbandingan dari bilangan yang kecil terhadap bilangan yang besar?

12. Galuh mendengar dari gurunya bahwa perbandingan laki-laki terhadap perempuan dalam kelasnya tahun ajaran baru ini adalah 5 : 4. Dia bilang, “Apakah perbandingan 5 : 4 ini berarti bahwa hanya ada 5 orang laki-laki di kelas saya?” Bagaimana tanggapan kamu?