Soal Bab 2 Klasifikasi Benda IPA Kelas VII Kurikulum 2013

Bab 2 Klasifikasi Benda
1. Mengapa sepeda motor dan mobil mempunyai ciri dapat bergerak dan mengeluarkan zat sisa, tetapi tidak disebut sebagai makhluk hidup? Jelaskan jawaban kamu terkait dengan ciri-ciri makhluk hidup!
2. a. Sebutkan persamaan bentuk dan perbedaan pola makanan antara ayam dan burung elang!
b. Carilah hewan-hewan lain yang memiliki ciri-ciri yang sama dengan ayam dan elang!

3. Jika kamu perhatikan, rumah rayap dari hari ke hari terus bertambah besar Dari peristiwa ini, apakah rumah rayap tersebut disebut hidup? Jelaskan alasannya!
4. Pada suatu hari, kamu menemukan benda yang mempunyai ciri dapat bergerak, tidak dapat bereproduksi, bertambah ukurannya. Dari benda yang kamu temukan, termasuk benda tak hidup atau makhluk hidup? Jelaskan alasannya!
5. Golongkanlah zat-zat di bawah ini dengan memberi tanda check list!

6. Jika di rumah kamu menemukan berbagai jenis larutan, contohnya sirop,  cuka dapur, sabun cair, dan shampo, bagaimana kamu dapat menentukan larutan tersebut ke dalam larutan asam atau basa?
7. Akibat polusi dari buangan industri dapat menyebabkan terjadinya hujan asam. Jelaskan mengapa dapat terjadi hujan asam dan upaya-upaya apa yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya hujan asam!

8. Lakukan identifikasi lima jenis campuran yang sering dijumpai di lingkungan sekitarmu. Jelaskan contoh unsur-unsur penyusun campuran tersebut dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari, serta dalam kegiatan industri!

sumber :bse