Soal Bab 2 Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Matematika kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Semester 1

Soal Bab 2  Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Matematika kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Semester 1

Uji Kompetensi 2.1
1.  Salah satu penyakit sosial remaja sekarang ini adalah merokok. Ahli kesehatan merilis informasi bahwa, menghisap satu batang rokok akan mengurangi waktu hidup seseorang selama 5,5 menit. Seorang remaja mulai merokok 1 (satu) batang rokok perhari sejak umur 15 tahun. Berapa waktu hidup remaja tersebut berkurang sampai dia berumur 40 tahun?
2.  Perhatikan grafik di bawah ini!

Dari pasangan titik-titik yang diberikan,  tentukanlah persamaan linear yang memenuhi pasangan titik-titik tersebut.
3.  Tentukanlah himpunan penyelesaian untuk  setiap persamaan linear berikut ini!

4.  Untuk dapat diterima sebagai suster di RS.SEHAT, seorang calon suster  akan  menjalani  tes  sebanyak 4 kali, yaitu tes tertulis, psikotes, tes ketrampilan, dan wawancara dengan perbandingan hasil tes berturut-turut adalah 4 : 3 : 2 : 1. Total nilai tes tidak boleh kurang dari 793. Windy adalah seorang calon suster yang telah mengikuti tes dengan hasil sebagai berikut: Tes Tertulis= 75, Psikotes =78, dan Tes Wawancara=85. Tentukan nilai  terendah Tes Keterampilannya agar ia dapat diterima di rumah sakit tersebut.
5.  Berat astronot dan pesawatnya ketika mendarat di bulan tidak boleh melebihi 200 kg. Berat pesawat di bumi 900 kg dan berat benda di bulan 1/6 dari berat benda di bumi. Tentukan berat maksimum astronot di bumi!
6.  Seorang penderita diabetes sedang mengontrol berat badannya. Ia menggunakan indeks berat badannya dengan rumus I= W/h², dengan W adalah berat badan (kg), dan h adalah tinggi badan (meter). Nilai I yang dimiliki setiap orang memiliki arti sebagai berikut.
•  I< 25berarti berat badan normal
•  25  < I ≤  30   berarti  kelebihan berat badan
•  30  < I ≤  35  berarti  obesitas ringan
•  35  < I ≤  40  berarti  obesitas  sedang
•  I ≥ 40 berarti obesitas kronis
a.  Jika tinggi badan orang tersebut 175 cm, berapa berat badan maksimal supaya tergolong berat badan normal?
b.  Jika orang tersebut sudah memiliki berat badan 80 kg dan yang akan dikontrol adalah tinggi badan dengan melakukan suatu terapi tertentu, tentukan batas tinggi badan agar digolongkan dalam katagori kelebihan berat badan.
7.  Gambarkanlah  grafik g(x) = |2x–1| untuk 1 < x< 10!

Uji Kompetensi 2. 2
1. Dengan  menggunakan Definisi  2.1 maka ubahlah bentuk nilai mutlak berikut!

2.  Tentukan himpunan penyelesaian persamaan berikut!

3.  Sketsalah  grafik 
 untuk setiap nilai x bilangan real.
Petunjuk: Tentukan pertama kali  pasangan koordinat titik yang memenuhi persamaan pada tabel berikut. Kamu diperbolehkan menambahi pasangan koordinat titik sebanyak mungkin pada tabel. Letakkanlah pasangan koordinat. titik yang kamu peroleh pada bidang koordinat kartesius. Selanjutnya, hubungkanlah pasangan titik – titik tersebut.

4.  Sketsalah  grafik y= │3x –  2│–  1, untuk –2 ≤ x≤ 5, xbilangan real.
5.  Seekor burung camar laut terbang pada ketinggian 17 meter melihat ikan pada jarak 25 m pada kedalaman 3 meter dari permukaan laut. Burung tersebut terbang menukik lurus ke permukaan laut dan menyelam sejauh 3 meter untuk menangkap ikan dan langsung bergerak kembali ke permukaan dan langsung terbang kembali seperti gambar.

Jika diasumsikan  permukaan laut sebagai sumbu  x, ketinggian sebagai sumbu y, posisi ikan pada koordinat I(0,-3) dan pergerakan burung memenuhi fungsi f(x) = k|x– a| + b dari ketinggian 17 m sampai kedalaman 3 m, dengan a, b, k, dan xadalah bilangan real, tentukanlah nilai a, bdan k.
6.  Selesaikanlah pertidaksamaan nilai mutlak sebagai berikut!

7.  Buktikan

8.  Buktikan  bahwa grafik  persamaan linier dua variabel adalah garis lurus!
9.  Gambarkanlah semua titik (x,y) pada bidang yang memenuhi persamaan │x+ y│+│x– y│= 2.
10.  Gambarkanlah himpunan penyelesaian  pertidakksamaan linear berikut ini dalam bentuk diagram garis!
a.  4 <│x+ 2│+│x– 1│< 5

b.  │x– 2│≤ │x+ 1│