Soal
bab 2 Operasi Aljabar matematika kelas
8 semester 1 kurikulum 2013
1.
Tentukan hasil penjumlahan bentuk aljabar:
a.
6x + 5 dengan − 3x − 6
b.
6x − 5y − 2z dengan −8x + 6y + 9z
c.
3(2x2 − 4x + 5) dengan 2(4x2 + 3x − 7)
2.
Tentukan hasil pengurangan
a.
5x − 9y dari 7x +15 y
b.
5x − 3y + 7 dari 5y − 3x − 4
c.
− x2 + 6xy + 3y2 dari 5x2 − 9xy − 4y2
3.
tentukan hasil perkalian dari :
a).
5x2 (6x − 3y)
b).
(2x − 2)(x + 5)
c).
(x − 5)(x2 − 4x + 20)
4.
Tuliskan bentuk aljabar yang hilang di setiap lingkaran kosong berikut.
5.
Tentukan hasil bagi
a.
4x2 +16x +15 oleh (2x + 5)
b.
4x3 +12x2 − x −15 oleh x −1
c.
4x3 +12x2 − x −15 oleh 2x2 + 3x − 5
6.
Nyatakan keliling dan luas bangun berikut dalam bentuk aljabar!
7.
Sederhanakan bentuk aljabar berikut:
a.
4x2 + x − x2 + 2
b.
2ab − 3bc + 5ba − 4cb
c.
− 2(2x2 + 3x − 4)
8.
Tentukan bentuk paling sederhana dari bentuk aljabar berikut.
9.
Sederhanakan bentuk aljabar berikut.
10.
Sederhanakan bentuk aljabar berikut
11.
Bu Marhawi membeli 14 kg tepung, 17 kg wortel, dan 4 kg tomat. Karena terlalu
lama disimpan 4 kg tepung, 3 kg wortel, dan 3 kg tomat ternyata rusak/ busuk.
Tentukan tepung, wortel, dan tomat yang tersisa. Jika harga tepung, wortel, dan
tomat secara berurutan adalah x rupiah, y rupiah, dan z rupiah, nyatakan harga
barang yang dibeli Bu Marhami tersebut dalam bentuk aljabar.
12.
Arman mempunyai 5 buah robot dan 8 buah mobil-mobilan. Jika Arman diberi 2 buah
robot oleh ibu dan 3 mobil-mobilannya ia berikan kepada Arif, berapa sisa robot
dan mobil Arman. Nyatakan dalam bentuk aljabar.
13.
Tentukan keliling dan luas daerah berikut, jika diketahui x + y = 12.
14.
Sketsalah suatu bangun datar yang kelilingnya dinyatakan dalam bentuk aljabar
berikut.
a.
3a + 6b
b.
4x + 10y
c.
10x + 2y + 4z
15.
Seorang anak merahasiakan tiga bilangan. Dia hanya memberi tahu jumlah dari
masing dua bilangan tersebut secara berturut-turut adalah 28, 36, 44. Tentukan
jumlah ketiga bilangan tersebut.
16.
Misalkan m dan n adalah bilangan bulat positif yang memenuhi
18.
Jika bilangan bulat x dan y dibagi 4, maka bersisa 3. Jika bilangan x–3y dibagi
4, maka bersisa…
19.
Dua bilangan jumlahnya 30. Hasil kalinya 200. Akan dicari selisihnya tanpa menghitung
bilangan tersebut.
a.
Nyatakan yang diketahui dalam bentuk aljabar.
b.
Nyatakan yang ditanya dalam bentuk aljabar.
c.
Nyatakan hubungan bentuk aljabar yang ditanya dengan bentuk aljabar yang
diketahui.
sumber : bse
sumber : bse